tik smp kelas 7

Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (perangkat manusia/user). Hubungan antara ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan.

Untuk dapat mencapai fungsi komputer sebagai produk berteknologi canggih dalam menangani berbagai macam pekerjaan. Hardware sebagai komponen fisik dari sistem komputer yang terdiri dari peralatan Input, Proses, Output dan Media penyimpan data data yang merupakan satu kesatuan yang bekerja secara besama-sama, sehingga dapat difungsikan.

Ketiga komponen dalam sistem tersebut Hardware, Software dan Brainware akan melakukan proses meng-input data, memproses (processing) dan menghasilkan output yang berupa produk informasi yang dibutuhkan.

Perangkat Yang Digunakan Dalam TIK

Media Penyimpan Data

Media penyimpan data adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program, tempat data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk diproses oleh komputer. Media penyimpan data dapat dibedakan sebagai berikut:

Media Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu:

  • RAM (Random Access Memory) dan
  • ROM (Read Only Memory)

Media Penyimpan Cadangan (External Storage) antara lain yaitu:

Hardisk, Magnetik disk, Optic disk, Flash disk

Hard disk

Hard disk merupakan media penyimpan data luar (External Storage) yang berfungsi meyimpan data atau program dalam kapasitas yang besar. Data yang tersimpan di hardisk sifatnya permanen artinya data tidak hilang meskipun komputer dimatikan dan dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan. Kapasitas atau kemapuan menyimpan hard disk: mulai dari 500 MB, 1GB sampai dengan 120 GB dan akan semakin terus bertambah kapasitasnya. Beberapa merek hardisk antara lain: Maxtor, Seagate, Fujitsu, dll

Floppy Disk (Disket)

Merupakan media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastik protektif tipis dan keras. Data yang tersimpan di dalam disk ini sifatnya permanen tidak terpengaruh daya atau arus listrik jika suatu saat diperlukan data tersebut dapat di ambil atau dibaca kembali. Ukuran yang umum diperdagangkan ada yang 5 ¼” dengan kapasitas penyimpanannya 1,2 MB dan 3/5 ” sedangkan kapasitasnya penyimpanya 1,44 MB. Media penyimpan ini dapat digunakan hampir disemua jenis komputer. Merek yang ada dipasaran antara lain adalah: Fuji, Verbatim, Sony dll.

CD/DVD

Merupakan media penyimpan data optical disk berbentuk piringan dengan kapasitas penyimpan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R (Recordable) dapat menyimpan data sampai 700 MB, hanya dapat menyimpan sekali tidak dapat diulangi. Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat membaca dan menyimpan/menulis data berkali-kali. DVD-R dan DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain yang mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran diatas 10 GB dalam satu piringan. Beberapa merek CD/DVD antara lain: Sony, Verbatim dll

Flash Disk

Flash disk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk dihubungan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus). Dibanding disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat hampir sama dengan har disk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari 64 MB, 128 MB, 512 MB dts.Merek yang ada dipasaran antara lain: Kingston, Sandisk, dll

Ciri-ciri dan Cara Merawat Media Penyimpan Data

Seperti telah kita ketahui bahwa media penyimpan data ada dua macam yaitu:

Internal Storage (Media Penyimpan Utama)

Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu: RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory)
Yaitu memory baca tulis yang dapat menyimpan data untuk sementara dan kemudian membacanya kembali. Data yang tersimpan pada RAM sifatnya tidak permanen artinya data tersimpan saat ada arus listrik atau komputer dalam keadaan aktif. Jika tidak ada arus atau komputer dalam keadaan mati data pun hilang atau tidak tersimpan lagi.

ROM (Read Only Memory)
Yaitu memory baca saja dari komputer artinya data yang tersimpan dalam ROM hanya bisa dibaca saja, ROM itu berisi data atau program-program dasar dari pabriknya, ROM ini berfungsi untuk mengatur proses dasar dari masukan dan keluaran data

Cara merawat media penyimpan Internal Storage antara lain adalah:

  1. Periksa pemasangan RAM/ROM apakah sudah terletak pada slot atau tempatnya dengan posisi yang benar.
  2. Dengan cara mengatur BIOS agar menghindari melakukan booting komputer secara langsung dari disket.

External Storage (Media Penyimpan Cadangan)

Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu: Hard disk, Flopy disk, Optical disk, Flash disk

Cara merawat media penyimpan External Storage antara lain adalah:

  1. Untuk Flopy disk atau disket (Magnetik Disk) yaitu hindari dari terkena debu dan simpan pada box disket. Sebaiknya selalu dalam keadaan terprotek, hal ini untuk menghindari terkena virus komputer.
  2. Untuk Piringan CD/DVD (Optical disk) yaitu: hindarkan permukaanya dari debu, selalu menempatkan nya pada Box CD jika sedang tidak dipakai. Untuk jangka waktu tertentu bersihkan Optik pada CD ROM/ CD RW/DVD ROM/DVD RW dengan CD Cleaner.
  3. Untuk Flash disk jangan lupa untuk selalu menutup penghubung USB-nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: